Blogger templates

Selasa, 23 November 2010

Ada apa dengan warna putih?

Desain adalah salah satu bagian yang penting dari suatu website, bagian ini sangat berpengaruh terhadap jumlah pengunjung ke website. Tidak peduli secanggih apa aplikasi web yang anda buat, akan tetapi jika desainnya buruk maka dijamin jumlah pengunjung ke website anda akan berkurang; atau malah hancur lebur.

Namun dengan aplikasi yang sederhana, namun desainnya menarik dan nyaman digunakan maka aplikasi yang sederhana tersebut akan mendapatkan kunjungan yang lumayan; atau bahkan luar biasa banyaknya.

Ada apa dengan warna putih? hal ini baru saja muncul di kepala saya, mengapa putih? Facebook, Youtube, Friendster, Flickr, Sixreps, Threadless, Google, Hunch semua menggunakan warna putih, saya sendiri mendevelop website letsgotobali dengan warna putih. Memang tidak semua menggunakan warna putih, misalnya saja Twitter, Blogger, Vimeo, Tumblr, Plurk mereka tidak menggunakan warna putih.

Buat saya, alasannya adalah warna putih mudah dikombinasikan dengan bermacam - macam warna; sehingga mempermudah pekerjaan desainer-untuk pengembangan suatu aplikasi web atau pengembangan website, lebih baik desainer berkonsentrasi kepada penggunaan oleh user (User Experiance) daripada sibuk memikirkan warna dan font. Untuk membentuk brand, berkaitan dengan warna juga desain putih sangat bagus; karena dengan menggunakan warna dasar putih, warna lainnya akan kelihatan menonjol, sehingga kita bisa membangun brand warna didalam website kita. Misalkan saja, ketika kita melihat warna biru tua maka akan dekat relasinya dengan Facebook, Pink untuk Flickr, Hijau untuk Friendster.

Alasan lainnya adalah penggunaan warna putih juga mempermudah pengguna dalam mempelajari website kita, pengguna akan lebih cepat mengerti bagaimana mengggunakan website kita. Jadi akan berpengaruh untuk aplikasi website besar dengan bermacam - macam fungsi didalamnya; dengan menggunakan warna desain dasar putih, otak pengguna tidak akan terbebani dengan warna - warna didalamnya.


Bagaimana? setuju dengan pendapat saya ini? memang tidak selalu warna putih adalah yang terbaik, tapi paling tidak warna putih memudahkan pengembang dan juga membantu pengguna. Setuju? berikan pendapatmu di bagian komentar :D

0 comments:

Posting Komentar