Blogger templates

Selasa, 20 Januari 2015

Kenapa fotografi, kenapa baby?

Selama saya belajar fotografi saya sering mendengar dari fotografer fotografer yang lebih senior mengenai kejujuran kepada diri sendiri, mengapa fotografi? dengan memiliki alasan jelas maka jalan yang akan dilalui juga jelas, langkah juga jadi semakin mantap.


Dari kecil saya sudah memiliki rasa terhadap seni gambar, sejak SD saya sudah memiliki rasa tertarik dengan kamera, berbagai macam seni gambar saya coba, dari anime hingga lukis tradisional Bali, dengan berbagai media, dari pensil, crayon hingga cat minyak di kanvas. Namun lingkungan dan budaya keluarga yang tidak memungkinkan, budaya rumah saya adalah budaya karyawan, saya didorong untuk belajar dan kuliah, seni hanyalah hobi sampingan, jadi saya juga tumbuh menjadi seperti yang diajarkan; saya kuliah informatika, pekerjaan pertama saya sebagai fotografer, kemudian trainner dan terakhir sebagai product manager di vendor telekomunikasi internasional. Selama bekerja itulah saya terus merasa ada yang kurang hingga akhirnya saya mengenal fotografi dan jatuh cinta :) kamera pertama saya, saya beli dengan gaji awal ketika bekerja di vendor telekomunikasi, kamera digital Nikon D5100 dan kamera film Canonet QL17, dan dari tabungan saya bekerja saya akhirnya bisa terjun menjadi full time fotografer.

Setelah menjalani, menjadi full time fotografer itu tidak mudah, khususnya ketika diawal memulai; membutuhkan banyak usaha yang menguras pikiran, tenaga dan uang. Ditambah lagi dengan rasa khawatir, apakah penghasilan bulan depan akan cukup? apakah bulan depan bisa bayar sewa tempat? apakah bisa bayar gaji pegawai? dan lainnya (tidak hanya fotografi, saya rasa memulai semua usaha seperti ini). Namun dengan beban seperti itu saya terus berjalan selangkah demi selangkah, dengan harapan nanti ketika sukses saya akan memiliki cukup waktu untuk diri sendiri, cukup waktu untuk keluarga saya, teman teman saya, semuanya; ditambah lagi memiliki cukup uang hingga akhirnya saya tidak perlu khawatir lagi tentang uang :)

Yang saya suka dari fotografi adalah kemampuannya untuk merekam suatu kejadian, merekam kenangan dan bercerita. Mungkin karena alasan inilah saya akhirnya fokus kepada baby dan maternity, saya sangat menikmati proses foto setiap klien, khususnya ketika melihat ekspresi bahagia mereka ketika melihat hasil foto dalam bentuk print dan frame. Kebahagiaan mereka menular ke saya :) berbuat baik kepada orang dan dibayar, ini benar benar pekerjaan yang menyenangkan ;)


3 paragraf ini yang bisa saya tuliskan dan pikirkan untuk saat ini, sekedar berbagi cerita sambil saya merenung. Buat yang sudah membaca, terima kasih sudah meluangkan waktu dan semoga bermanfaat.

LOVE

Vidya Putra
[VPhotography]
Telp / Sms 081293920411
Whatsapp / Line 082211777610
Facebook http://www.facebook.com/vidyaputra84
Twitter http://www.twitter.com/vidyaputra
Instagram http://www.instagram.com/vidyaputra
Flickr http://www.flickr.com/vidyaputra

0 comments:

Posting Komentar